[SALAH] Kata “KADRUN” Merupakan Sandi Dari PKI Untuk Menarget Umat Islam Untuk Dibunuh

Sebuah akun Twitter “2019_gerdapri” mengunggah sebuah video baku tembak yang disertai narasi bahwa kata “kadrun” merupakan sandi dari PKI untuk menargetkan umat muslim untuk dibunuh.

Namun setelah ditelusuri hal tersebut salah. Melansir merdeka.com, sejarawan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Asvi Warman Adam menjelaskan istilah kadrun, baru muncul setelah Pilkada DKI 2012 hingga Pilpres 2019, setelah munculnya istilah kampret dan cebong. Istilah kadrun belum ada saat era PKI masih ada. Selain itu sumber serupa juga pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “Kadrun adalah sebutan PKI tahun 1960an pada umat Islam sebagai musuhnya.” pada 29 Juni 2022. Berdasarkan penjelasan di atas, klaim Kata “KADRUN” Merupakan Sandi Dari PKI Untuk Menarget Umat Islam Untuk Dibunuh adalah keliru, dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo. Faktanya hal ini merupakan hoaks yang berulang, kata “kadrun” sendiri tidak ada hubungannya dengan PKI. Kata “kadrun” sendiri baru muncul pasca pilkada 2012.

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-istilah-kadrun-muncul-sejak-zaman-pki.html https://turnbackhoax.id/2022/06/29/salah-kadrun-adalah-sebutan-pki-tahun-1960an-pada-umat-islam-sebagai-musuhnya/

Publish date : 2022-11-29