[SALAH] Bermain HP Di Dekat Kompor Menyebabkan Kompor Meledak

Akun YouTube bernama “aishwa channel” mengunggah video yang memperlihatkan kompor meledak dan menyebabkan tubuh seseorang yang bermain ponsel di dekat kompor gas terbakar. Video tersebut diberi judul “Tubuh terbakar krn main hp dekat kompor gas”.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. CNN Indonesia, dalam artikelnya yang berjudul “Mengungkap Mitos Bahaya Pakai HP dekat Kompor”, menuliskan bahwa informasi tersebut telah dibantah oleh Peneliti Utama Elektromagnetik Desain LIPI, Harry Arjadi. Menurut Harry, radiasi dari ponsel tidak menyebabkan kompor meledak. Adapun penyebab kompor gas meledak salah satunya dipicu oleh kebocoran gas elpiji, bukan karena bermain ponsel di dekat kompor. Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun YouTube “aishwa channel” merupakan konten yang menyesatkan.

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra. Konten yang menyesatkan. Tidak ada bukti yang valid yang menunjukkan bahwa bermain HP di dekat kompor dapat memicu kompor gas meledak.

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20191017142108-185-440365/mengungkap-mitos-bahaya-pakai-hp-dekat-kompor

Publish date : 2022-11-28