[SALAH] Foto Gadis 16 Tahun Yang Dipenjara 25 Tahun Karena Melawan Saat Diperkosa

Beredar kembali postingan di Facebook yang berisi informasi mengenai gadis 16 tahun yang dipenjara 25 tahun akibat melawan saat diperkosa. Dalam postingan ini juga terdapat tautan artikel situs dag-dig-dug-der-dor.blogspot.com yang berjudul “Ya Allah sungguh Miris Melawan Saat DiPerk0s4, Gadis 16 Tahun Terpaksa Habiskan Minimal 25 Tahun Dijeruji”. Dalam gambar tautan tersebut terdapat 2 foto wanita yang diklaim bahwa wanita tersebut lah orangnya.

Berdasarkan hasil penelusuran, hoax yang sama juga pernah dilakukan pengecekan fakta oleh turnbackhoax.id dalam artikelnya yang berjudul [SALAH]: Foto Gadis 16 Tahun Yang Dipenjara Karena Membunuh Pemerkosanya. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kedua foto yang dicantumkan pada sampul artikel tersebut merupakan dua orang yang berbeda dan tidak ada sangkut pautnya dengan kasus wanita 16 tahun yang dijerat 25 tahun tahanan karena membunuh orang yang mau memerkosanya. Wanita dalam foto pertama bernama Putri Munawaroh. Foto tersebut pertama kali dimuat oleh Antara Foto pada 2 Juni 2010. Saat foto itu diambil, Putri menjadi terdakwa kasus terorisme dan didakwa dengan pasal 9, pasal 13, dan pasal 45 Undang-undang terorisme karena menyembunyikan gembong teroris kelas wahid Noordin M Top. Pada 29 Juli 2010, Putri divonis 3 tahun penjara oleh Majelis Hakim PN Jakarta Selatan. Kemudian foto wanita kedua kerap ditemukan di platform berbagi gambar seperti pinterest. Foto tersebut kerap berada pada topik tentang hijab fashion yang berisi tren hijab yang dikenakan perempuan. Berdasarkan informasi di atas Foto Gadis 16 Tahun Yang Dipenjara 25 Tahun Karena Melawan Saat Diperkosa adalah hoaks dan masuk kategori koneksi yang salah.

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo. Hoaks Lama Beredar Kembali (HLBK). Dua foto yang tidak ada kaitannya terhadap kasus gadis yang membunuh pemerkosanya. Foto wanita yang memakai cadar merupakan napi kasus terorisme, sedangkan foto wanita kedua kerap berada di platform pencarian gambar terkait tren hijab dan bukan merupakan gadis yang membunuh pemerkosanya.

https://turnbackhoax.id/2022/04/20/salah-foto-gadis-16-tahun-yang-dipenjara-karena-membunuh-pemerkosanya/

Publish date : 2022-07-31