[SALAH] Makan Buah Saat Perut Kosong Dapat Sembuhkan Kanker

Beredar sebuah narasi di media sosial Facebook yang menyatakan bahwa obat kanker telah ditemukan. Penyakit kanker tidak akan muncul dan dapat sembuh jika setiap orang memulai kebiasaan memakan buah saat perut kosong. Dalam narasi tersebut juga turut menyertakan seorang dokter bernama Dr. Herbert Shelton.

Namun setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai informasi waktu makan buah untuk menyembuhkan kanker, diketahui ternyata informasi ini merupakan informasi hoaks dan telah beredar di Indonesia sejak tahun 2016 lalu. Melansir dari artikel turnbackhoax.id, isu tersebut sudah diperiksa faktanya di laman hoaxorfact.com pada tahun 2016 dengan judul artikel periksa fakta “Eating Fruits on Empty Stomach Cures Cancer and Other Health Issues: Fact Check.” Lalu, hoaxes.id melakukan pemeriksaan fakta isu tersebut pada tahun 2017 dengan artikel berjudul “Makan Buah Saat Perut Kosong Dapat Menyembuhkan Kanker: Hoax.” Dan, di turnbackhoax.id sudah diperiksa fakta sebanyak 3 kali pada tahun 2019 sampai 2022. Berdasarkan hasil periksa fakta ketiga laman tersebut, diketahui bahwa isu tersebut berawal dari sebuah email yang muncul dari sebuah artikel lama di situs epicureanworld.com.sg yang ditulis pada tahun 1998 oleh Devagi Sanmugam, koki dan penulis kuliner yang tinggal di Singapura. Dirinya menulis tentang memakan buah-buahan saat perut kosong tanpa menyebutkan kanker atau nama Dr. Herbert Shleton di dalamnya. Melansir dari artikel Kompas.com, dokter pendamping pasien kanker di RS Kanker Dharmais, Jakarta, dr Maria Shanty menegaskan, informasi makan buah saat perut kosong untuk terapi anti-kanker tidak benar. Dia menjelaskan, mengonsumsi buah setelah atau sebelum makan sama saja bagi penderita kanker. Menurut Maria terapi anti-kanker yang paling baik adalah menjalankan manajemen terapi sesuai rancangan dokter onkologi. Mulai dari menjalani operasi, kemoterapi, radioterapi, dan terapi lanjutan lainnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa narasi yang menyebutkan bahwa memakan buah saat perut kosong dapat menyembuhkan kanker, merupakan hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara) Faktanya dokter telah menyatakan bahwa makan buah saat perut kosong untuk terapi anti-kanker tidak benar, mengonsumsi buah setelah atau sebelum makan sama saja bagi penderita kanker. Selengkapnya ada di penjelasan.

http://www.hoaxorfact.com/health/eating-fruits-on-empty-stomach-cures-cancer-and-other-health-issues-hoax.html https://www.hoaxes.id/2017/02/makan-buah-saat-perut-kosong-dapat-menyembuhkan-kanker-hoax.html https://turnbackhoax.id/2020/09/09/salah-makan-buah-saat-perut-kosong-sembuhkan-kanker/ https://turnbackhoax.id/2019/10/10/salah-makan-buah-saat-perut-kosong-bisa-sembuhkan-kanker/ https://turnbackhoax.id/2021/11/30/salah-konsumsi-buah-dalam-keadaan-perut-kosong-dapat-sembuhkan-kanker/

Publish date : 2022-06-30