[SALAH] Mulan Jameela Undur Diri dari DPR RI

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 19/07/2020

Berita

Akun Facebook Tri Manah mengunggah tangkapan layar judul berita dari Tribun Pekanbaru bertuliskan “Dituduh Tak Becus, Mulan Jameela Undur Diri dari DPR dan Teken Surat Undur Diri Dari Partai?”

Berikut kutipan narasinya:

“Nah Mundur lebih terhormat daripada di pecat !!
Hayo yang lain Monggo mengundurkan diri saja kalau merasa tidak sanggup dan tidak becus kerjanya ..!!!”

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa judul berita tersebut sudah dikoreksi oleh pihak Tribun Pekanbaru menjadi “Mulan Jameela Undur Diri dari DPR dan Teken Surat Undur Diri dari Partai?” yang tayang pada Senin, 13 Juli 2020. Pengkoreksian judul itu diketahui dari alamat tautannya masih mencantumkan judul yang lama [https://pekanbaru.tribunnews.com/2020/07/13/dituduh-tak-becus-kerja-mulan-jameela-undur-diri-dari-dpr-dan-teken-surat-undur-diri-dari-partai?page=all].

Dalam artikel tersebut pembahasannya perihal perbincangan Deddy Corbuzier bersama Ahmad Dhani di podcast dalam kanal Youtube Deddy Corbuzier dengan judul “HAMPIR DI BUNUH THN 2003, AHMAD DHANI NOT HOAX ⁉️” yang tayang pada 8 Juli 2020.

Dalam artikel di Tribun Pekanbaru tidak ada bagian yang menjelaskan bahwa Mulan Jameela mengundurkan diri dari DPR RI. Lalu, mengacu kepada laman dpr.go.id, Mulan Jameela masih terdaftar sebagai Anggota dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan nomor anggota 96 dari Dapil Jawa Barat XI.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka Mulan Jameela dikatakan sudah mengundurkan diri dari DPR RI tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

Rujukan

  • Mafindo
  • ANTARA News
  • 2 media telah memverifikasi klaim ini