[SALAH] Passing Grade Universitas Indonesia

Sumber: twitter.com
Tanggal publish: 01/02/2020

Berita

Beredar informasi mengenai Passing Grade untuk dapat diterima di Universitas Indonesia (UI). Dalam informasi tersebut dicantumkan pula persentase keterimaan tiap program studi yang ada di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut. Berikut kutipan narasinya:

Siapa sih yang gak mau masuk Universitas Indonesia (UI)? Kampus impian banyak orang.
#BeritaBaik
#SekolahNews
Daftar Passing Grade Universitas Indonesia di SMBPTN 2019 https://sekolahnews.com/daftar-passing-grade-universitas-indonesia-di-smbptn-2019/

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa pihak UI tidak pernah mengeluarkan daftar passing grade untuk dapat diterima di kampusnya. Klarifikasi pihak UI tersebut berasal dari akun-akun media sosialnya. Berikut cuplikan klarifikasi pihak UI:

[…] ????PENGUMUMAN????
.

Halo calon mahasiswa, Bapak dan Ibu Guru, Kami informasikan bahwa UI dan @ltmpt.ac.id TIDAK PERNAH mempublikasikan data berupa nilai atau ‘passing grade’ untuk UTBK dan SBMPTN.
Data yang diberitakan/disampaikan/beredar di media daring tentang ‘passing grade UI’ TIDAK BERSUMBER dari LTMPT dan UI sehingga informasi tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
——
#utbk2020 #snmptn2020 #sbmptn2020 #universitasindonesia […]

Selain melalui akun-akun media sosial UI, bantahan juga disampaikan oleh Humas Universitas Indonesia Egia Tarigan. Ia menyampaikan bahwa UI tidak pernah mengeluarkan passing grade. Adapun passing grade yang beredar di website atau media sosial adalah hoaks. "Betul, hoaks," ujarnya

Egia pun menjelaskan, passing grade adalah suatu persentase nilai yang digunakan sebagai acuan untuk meluluskan seseorang dalam studi di perguruan tinggi tertentu.

Artinya jika sudah ada ketetapan passing grade maka nilainya minimal harus sesuai dengan passing grade tersebut untuk bisa masuk ke universitas.

Sementara itu, UI tidak pernah memakai passing grade, karena tiap tahun pasti fluktuatif.

"Ini definisi pada umumnya ya, padahal sebenarnya passing grade itu tidak pernah ada di perguruan tinggi.

Biasanya yang meng-create PG adalah bimbel," jelasnya. Sebagai gantinya, UI hanya mengeluarkan informasi mengenai 'ketetatan'.

Egia menjelaskan, keketatan adalah persentase jumlah peserta diterima berbanding jumlah peserta pendaftar. Menurutnya, semakin besar persentase berarti daya saing rendah. Semakin kecil persentase berarti daya saing tinggi.

Namun Egia juga menjelaskan, ketetatan juga bukan jaminan diterima. Hal itu karena tiap tahun angkanya fluktuatif, menyesuaikan jumlah peserta ujian di tahun tersebut dan bangku yang tersedia.

Dia mengimbau calon mahasiswa supaya tidak percaya dengan adanya informasi passing grade yang beredar. Baik UI maupun LTMPT tidak pernah mengeluarkan passing grade. "Sekali lagi disampaikan, UI maupun LTMPT tidak pernah mengeluarkan passing grade," katanya.

Kesimpulan

Berdasarkan hal itu, maka informasi mengenai passing grade UI bukan merupakan informasi resmi dari UI. Dengan kata lain, informasi tersebut masuk ke dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

Rujukan

  • Mafindo
  • Kompas
  • 2 media telah memverifikasi klaim ini