[SALAH] PBB Resmi Menangkan Rusia

Akun Facebook “Sport One” mengunggah video yang menjelaskan bahwa PBB telah resmi menyatakan Rusia sebagai pemenang dalam perang Rusia dan Ukraina tahun ini. Selain itu, pengguna Facebook tersebut juga menuliskan bahwa hancurnya seluruh persenjataan Rusia merupakan alasan PBB memenangkan Rusia. Video yang diunggah pada 7 Mei tersebut telah disukai hampir 1,500 orang dan ditonton sebanyak 22,000 kali. Selain itu, terdapat 116 orang yang memberikan komentar. Narasi (Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia): “Pasca h4ncurnya seluruh pers3njat4an ukr41n4, PBB sepakat akhiri p3rang dan men4angkan rus14”.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut salah. Hingga saat ini, perang Rusia dan Ukraina belum ada tanda-tanda akan berakhir. Justru sebaliknya, perang kian memanas setelah serangan Rusia di Donbas diklaim sebagai “serangan terbesar di Eropa setelah perang dunia kedua”. Terlebih lagi, PBB tidak mengeluarkan pernyataan apapun yang berhubungan dengan kemenangan Rusia. Informasi serupa pernah dibahas oleh Kompas.com dengan judul “PBB Resmi Menangkan Rusia” dan mengkategorikannya sebagai hoaks. Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun “Sport One” merupakan konteks yang salah.

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra. Informasi yang salah. Hingga saat ini, ketegangan antara Rusia – Ukraina masih terus berlanjut dan PBB tidak mengeluarkan pernyataan apapun yang berhubungan dengan kemenangan Rusia.

https://indianexpress.com/article/world/russia-ukraine-war-news-live-updates-zelenskyy-putin-nato-mariupol-7928620/ https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/05/20/084600982/-hoaks-pbb-resmi-menangkan-rusia

Publish date : 2022-05-26