[SALAH] Video Protes Melawan Tirani Covid-19 di Belanda

Beredar postingan video di Twitter oleh akun @ThePr0diga1Son memposting sebuah video yang memperlihatkan sebanyak 10.000 warga turun ke jalan untuk melakukan protes. Postingan @ThePr0diga1Son juga disertai narasi bahwa warga melakukannya dalam rangka memprotes tirani Covid-19 dan pemaksaan vaksinasi. Postingan @ThePr0diga1Son beredar di tengah peristiwa unjuk rasa ribuan warga Belanda untuk menentang pembatasan kegiatan karena Covid-19 dan protes atas mandatisasi vaksin Covid-19. Protes tersebut berlangsung di tengah naiknya kasus Covid-19 di Belanda.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, video tersebut merupakan ribuan warga di Provinsi Groningen, Belanda yang berunjuk rasa menentang program ekstraksi gas alam, pada 15 Januari 2022. Para warga memprotes kebijakan pemerintah untuk melanjutkan eksplorasi gas alam di Provinsi tersebut untuk kedua kalinya. Pasalnya, ekstraksi gas alam di Groningen menyebabkan bencana alam, dan pemerintah tidak memberikan cukup ganti rugi untuk dampak kerusakan yang ditimbulkan bagi warga sekitar. Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim @ThePr0diga1Son adalah tidak benar dan termasuk kategori Konteks yang Salah.

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR Aksi protes tidak berkaitan dengan Covid-19. Video tersebut adalah protes ribuan warga untuk menentang program ekstraksi gas alam di Provinsi Groningen, Belanda.

https://www.google.com/amp/s/mobile.reuters.com/article/amp/idUSL1N2TX1HC https://mobile.twitter.com/rudybouma/status/1483038074577866755

Publish date : 2022-01-22