[SALAH] Foto Beras Bansos Bersampur Batu

Beredar sebuah foto di media sosial oleh pemilik akun Facebook Muchlis Ali. Foto tersebut memperlihatkan gambar sebuah piring yang berisikan butiran beras yang bercampur dengan batu kecil sehingga terkesan tidak layak untuk dikonsumsi, diketahui tempat terjadinya kegiatan tersebut terletak di Batubara.

Setelah ditelusuri, informasi tersebut salah. Foto itu sebelumnya diunggah akun Facebook R Afandi warga Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Batubara, dan telah dibantah oleh pihak e-warung. Bantuan pangan nontunai tersebut diterima dari e-warung yang sama dengan merk serupa di Desa Simpang Dolok, Batubara. Pemasok beras di e-warung Batubara, Putra, mengatakan apa yang diunggah di Facebook tersebut sengaja direkayasa. Keterangan salah seorang warga, Putri, juga mengaku bahwa beras yang diterima oleh keluarganya layak konsumsi dan tidak ditemukan batu seperti yang diunggah di akun Facebook. Dengan demikian, klaim foto beras bantuan sosial bercampur batu adalah informasi yang salah dan termasuk dalam kategori konten palsu.

Hasil Periksa Fakta Fathia IS. Informasi tersebut salah. Faktanya, Pemasok beras di e-warung Batubara, Putra, mengatakan apa yang diunggah di Facebook tersebut sengaja direkayasa.

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/9K5XYEPk-cek-fakta-beredar-foto-beras-bansos-bercampur-batu-begini-faktanya https://sumut.inews.id/berita/viral-foto-hoaks-beras-bansos-bercampur-batu

Publish date : 2022-01-15