[SALAH] Minum Minyak Kayu Putih Melancarkan Napas Pasien Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim meminum minyak kayu putih bisa melancarkan napas pasien Covid-19. Klaim meminum minyak kayu putih bisa melancarkan napas pasien Covid-19 diunggah akun Twitter @Simplemiska, pada 2 Desember 2020. Berikut unggahan tersebut: "Buat kluargakuTETAP WASPADA YAHTmn positif covid..kluar lendir dr hidung smp bercampur darah..nafas sesak…stlh minum minyak kayu putih..baru berasa enakan jalan nafasnya…INGAT!! COVID itu ada yah…bukan ANTARA ADA DAN TIADA"

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim meminum minyak kayu putih bisa melancarkan napas pasien Covid-19, dengan menanyakan informasi tersebut ke Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Zullies Ikawati, Ph.D., Apt. Zullies mengatakan, belum ada bukti ilmiah meminum minyak kayu putih bisa melancarkan napas pasien Covid-19. "Nah masalahnya, pakah itu berefek terhadap Covid, itu masalah yang lain, dan itu belum terbukti secara ilmiah," kata Zullies, saat berbincang dengan Liputan6.com. Zullies mengungkapkan, meminum minyak kayu putih akan berdampak pada iritasi selaput lendir, jika dengan kadar minyak kayu putih yang tinggi. "Minyak kayuputih itu minyak menguap atau minyak atsiri dan umumnya menyebabkan iritasi pada selaput lendir kalau terkena," tuturnya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim meminum minyak kayu putih bisa melancarkan napas pasien Covid-19 tidak terbukti secara ilmiah. Memimum minyak kayu putih dengan kadar tinggi justru akan berakibat iritasi selaput lendir.

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4430215/cek-fakta-belum-terbukti-minum-minyak-kayu-putih-melancarkan-napas-pasien-covid-19

Publish date : 2020-12-10