[SALAH] “Didepak Dari Pengurusan MUI, Tengku Zulkarnain Mungkin Jadi Tukang Adu Ayam”

Laman beritacenter[dot]com menerbitkan artikel berjudul “Didepak Dari Pengurusan MUI, Tengku Zulkarnain Mungkin Jadi Tukang Adu Ayam” pada Minggu (30/11/2020).

Laman beritacenter[dot]com menerbitkan artikel berjudul “Didepak Dari Pengurusan MUI, Tengku Zulkarnain Mungkin Jadi Tukang Adu Ayam” pada Minggu (30/11/2020). Berdasarkan penelusuran, judul artikel tidak terkorelasi dengan isi artikelnya, pada isinya hanya membahas daftar lengkap pengurus MUI untuk periode tahun 2020-2025. Dari hasil penelusuran lebih lanjut, foto pada artikel beritacenter[dot]com merupakan potongan tangkapan layar video yang pernah tayang pada akun Twitter milik Tengku Zulkarnain yang diunggah pada bulan April 2020 saat dirinya masih menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) MUI periode 2015-2020. Melansir detik.com, selepas tidak jadi pengurus MUI, Tengku Zulkarnain ingin lebih fokus pada kegiatan lain, seperti berdakwah hingga mengurus pesantrennya. “Saya bisa konsentrasi ke yang lainlah, ngurus pesantren saya dan lain-lain, terus dakwah lagi dengan jemaah tablig, bisa keliling dunia. Ini kan suatu kegembiraan besar juga bagi saya,” ujar Tengku Zulkarnain. Lebih lanjut, terkait hasil fatwa yang dikeluarkan MUI dari hasil Munas X, Tengku Zul tidak mempermasalahkan hal itu. Dia yakin fatwa MUI tetap terjaga dari dulu. Namun Tengku Zulkarnain meminta MUI tetap bersikap kritis terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai tidak pro rakyat. Berdasarkan penjelasan tersebut, judul artikel pada laman beritacenter[dot]com tidak selaras dengan isi artikelnya. Oleh sebab itu, konten artikel itu masuk ke dalam kategori False Connection atau Koneksi yang Salah.

Hasil Periksa Fakta Rizky Maulana (Universitas Bina Sarana Informatika). Isi artikel tidak sesuai dengan judulnya. Dalam artikel tersebut hanya membahas daftar lengkap pengurus MUI untuk periode tahun 2020-2025.

https://twitter.com/ustadtengkuzul/status/1246750133376765952 https://news.detik.com/berita/d-5271774/kata-tengku-zulkarnain-usai-tak-lagi-jadi-pengurus-mui

Publish date : 2020-12-06