[SALAH] Video Militer Pakistan Menang Lawan Militer Amerika dalam Lomba

Akun Ertugrul Ghazi Fanx Page mengunggah sebuah video yang menampilkan dua orang sedang beradu di kegiatan pentathlon dengan menambahkan bendera Amerika Serikat dan Pakistan di video tersebut. Di postingan tersebut juga terdapat narasi bahwa tentara Pakistan menang melawan tentara Amerika. Postingan ini mendapat 138 ribu atensi, 2.600 komentar, dan 25 ribu kali dibagikan.

Berdasarkan penelusuran dengan menonton videonya, pada detik ke-39 ditemukan sebuah logo kegiatan yang bertempel di dinding peserta melompat. Logo kegiatan tersebut menyerupai bentuk logo kegiatan 60th World Military Pentathlon Championship yang di selenggarakan oleh International Military Sports Council (CISM) di Brazil tahun 2013. Dalam kegiatan tersebut Pakistan dan juga Amerika tidak ikut berpartisipasi. Penelusuran juga merujuk pada laman periksa fakta AFP, di mana mereka juga menemukan bahwa video tersebut merupakan salah satu pertandingan 60th World Military Pentathlon Championship. “Saya dapat mengonfirmasi bahwa video ini diambil selama Kejuaraan Pentathlon Militer Dunia ke-60 yang diadakan di Brasil 2013 tetapi itu bukan video resmi yang kami ambil,” kata Direktur Media dan Komunikasi CISM, David Vandenplas, mengatakan kepada AFP (17/11/2020). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video tentara Pakistan menang melawan tentara Amerika tidak benar. Hoaks ini termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

https://factcheck.afp.com/video-shows-military-games… http://www.military-pentathlon.info/eve…/show_event.php… http://www.military-pentathlon.info/results/results.php…

Publish date : 2020-11-19