[SALAH] Siaga 1 untuk Pemadaman Listrik di Malam hari pada 29 dan 30 September

“ASSALAMUALAIKUM. WR. WB. Kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para ulama & tokoh2 Agama, di himbau agar meningkatkan kewaspadaan pada tanggal 29 & 30 September 2020 mulai pukul 19.00 WIB, kunci rumah, gembok pintu gerbang, siapkan lampu senter yg sangat terang LED, dan alat2 pertahanan diri jarak dekat seperti GOLOK, PEDANG, LINGGIS, BELATI DLL, karena di khawatir kan pada malam 29 & 30 September listrik akan dipadamkan di beberapa wilayah. Untuk itu & maka dari itu kepada seluruh Rakyat Indonesia semua wajib jaga-jaga & siaga di wilayah nya masing-masing, khususnya PONDOK-PONDOK PESANTREN. DIMOHON BERITA INI AGAR TERUS DI SAMPAIKAN & VIRALKAN KE SELURUH WILAYAH INDONESIA AGAR SELURUH RAKYAT SIAGA 1 JAGA-JAGA & WASPADA -Sekian terima kasih- KANG AGUNG PANGLIMA PEMBEBASAN RAKYAT INDONESIA”

Telah beredar pesan di WhatsApp yang menginformasikan bahwa akan ada pemadaman listrik di beberapa wilayah Indonesia pada malam 29 dan 30 September mulai pukul 19.00 WIB. Para ulama dan tokoh agama juga dihimbau agar meningkatkan kewaspadaanya seperti mengunci rumah, menggembok pintu gerbang, serta mempersiapkan penerangan tambahan dan senjata. Berdasarkan hasil penelusuran, informasi yang beredar itu tidak sesuai fakta. Tidak ada informasi resmi PLN terkait dengan “SIAGA 1” pemadaman listrik. Melansir dari beberapa portal berita dan situs PLN Batam, dibenarkan akan ada pemadaman listrik pada 29 dan 30 September 2020, namun bukan pada malam hari, melainkan pagi hingga sore hari. Pemadaman listrik ini dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan pasokan listrik serta pemeliharaan gardu distribusi. Adapun beberapa wilayah Indonesia yang akan mengalami pemadaman listrik, yaitu Bandung, Batam, Bekasi, Depok, serta Yogyakarta. Dengan demikian, informasi yang beredar melalui pesan WhatsApp itu dapat dikategorikan Konten yang Salah karena tidak ada info resmi dari PLN terkait siaga 1 pemadaman listrik serta pemadaman listrik yang akan dilakukan di beberapa wilayah Indonesia pada 29 dan 30 September 2020 bukan di malam hari, melainkan di pagi hingga sore hari.

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat Universitas Pendidikan Indonesia) Informasi yang salah. Faktanya, tidak ada info resmi dari PLN terkait siaga 1 pemadaman listrik. Pemadaman hanya akan dilakukan di beberapa wilayah, namun bukan malam hari, melainkan pagi hingga sore hari.

https://ayobandung.com/read/2020/09/29/135306/jadwal-pemadaman-listrik-bandung-selasa-29-september-siang-sore https://www.plnbatam.com/informasi-pemadaman/ https://www.plnbatam.com/informasi-pemadaman/ https://depok.pikiran-rakyat.com/lokal-depok/pr-09782837/jadwal-pemadaman-listrik-kota-depok-selasa-29-september-2020-mulai-pukul-1000-hingga-1500-wib https://www.radardepok.com/2020/09/jadwal-dan-lokasi-pemadaman-listrik-di-kota-depok-rabu-30-september-2020/ https://jogja.tribunnews.com/2020/09/30/jadwal-dan-lokasi-pemadaman-listrik-hari-ini-rabbu-30-september-2020 https://www.medcom.id/telusur/cekfakta/lKYwyqob-cek-fakta-pemadaman-listrik-malam-hari-siaga-1-jelang-30-september-ini-f

Publish date : 2020-09-30