[SALAH] Fanpage Facebook Bantuan Samsung Pendidikan Adakan Program Bantuan Pendidikan

Akun fanpage Bantuan Samsung Pendidikan mengunggah narasi yang disertai dengan sebuah foto pada 26 Juli 2020. Unggahan tersebut telah mendapat respon sebanyak 10 reaksi, 100 komentar, serta telah dibagikan sebanyak 41 kali. Pada unggahan tersebut, disebutkan bahwa Samsung Indonesia mengadakan bantuan pendidikan yang ditujukan kepada siswa/siswi yang kurang mampu untuk pembelajaran secara online akibat pandemi Covid-19. Bantuan yang akan Samsung Indonesia berikan berupa 2.700 unit Samsung Galaxy A10 dan untuk mendapatkannya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti yang tertera pada unggahan tersebut. Berikut kutipan narasinya: “Halo, Selamat Datang Di Fanspage Resmi Bantuan Samsung Indonesia. Kami sebagai Team Resmi Samsung Indonesia bertujuan untuk membantu siswa/siswi Indonesia yang membutuhkan ponsel untuk pembelajaran dirumah secara online karena pandemi Corona Virus / COVID-19. Unit terbatas, UNIT TERSEDIA : 2.700 UNIT SAMSUNG GALAXY A10. Kami peringati, kami hanya membantu orang orang yang kurang mampu untuk mendapat bimbingan belajar secara online, kami harap kejujuran dari anda, jika kalian mampu, mohon untuk berikan kesempatan bagi para penerus bangsa kita yang kurang mampu agar dapat belajar secara online di rumah. Diminta kerja samanya untuk memastikan hanya 1 Unit Samsung Galaxy A10 Bantuan Samsung untuk 1 orang. Mohon untuk tidak klaim 2x. Pengiriman akan di kirim secepatnya, setelah pesan resmi dari Samsung masuk ke inbox kamu untuk meminta data alamat lengkap pengiriman. Syarat yang harus di penuhi : 1. Like Fanspage & Postingan ini. 2. Komentar : "saya mau" sebanyak banyaknya di kolom komentar postingan Bantuan Samsung 3. Share postingan ini ke timeline, dan tag 10 teman kamu untuk menginformasikannya. Semoga kamu beruntung :)”

Berdasarkan hasil penelusuran, melalui akun Twitter resmi Samsung Indonesia (@samsungID), Samsung Indonesia mengkonfirmasi bahwa pihaknya hanya memiliki satu akun Facebook page resmi yang sudah terverifikasi, yaitu Samsung Indonesia. Samsung Indonesia juga menghimbau agar tetap waspada dengan pihak yang mengatasnamakan Samsung. Sebagai tambahan, foto yang digunakan pada unggahan tersebut merupakan foto yang diambil saat peluncuran resmi Samsung Galaxy S9 dan S9+ pada tahun 2018. Foto tersebut kemudian diedit sedemikian rupa untuk menyesuaikan dengan konteks narasi.

Dengan demikian, unggahan akun fanpage Bantuan Samsung Pendidikan dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu. Hal ini dikarenakan narasi bantuan pendidikan yang diklaim akun fanpage tersebut tidak benar, akun tersebut bukan akun Facebook resmi Samsung Indonesia, dan foto yang digunakan bukan foto peluncuran progran bantuan Samsung.

https://turnbackhoax.id/2020/08/02/salah-fanpage-facebook-bantuan-samsung-pendidikan-adakan-program-bantuan-pendidikan/ https://twitter.com/samsungid/status/1288739077945057282?s=21 https://www.facebook.com/SamsungIndonesia/ https://m.detik.com/inet/consumer/d-3907679/galaxy-s9-dan-s9-resmi-hadir-di-indonesia

Publish date : 2020-08-01