[SALAH] Dari DR. Ir. Hj. Sri Nurdiati, Dekan FMIPA IPB : “Banyak Yang Tidak Tahu: Ini Rahasia Imunitas Tubuh”

Beredar artikel berjudul “Banyak Yang Tidak Tahu: Ini Rahasia Imunitas Tubuh” yang dimuat di situs beritanow[dot]com pada 16 April 2020. Berikut kutipan isi artikel tersebut: “Dari DR. Ir. Hj. Sri Nurdiati, Dekan FMIPA IPB dan Dosen Biokimia IPB. Banyak orang nggak sadar pentingnya “ANTIBODI” stoknya harus selalu ada. Orang lebih panik masker atau hand sanitizer hilang di pasaran. Harusnya kita lebih panik kalau “ANTIBODI” hilang di tubuh, karena virus tidak mungkin dihindari.” “Point penting dari diskusi: 1. Virus itu hanya bisa dikalahkan oleh ANTIBODI”

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Periksa Fakta Tirto dan Tim Cek Fakta Tempo, klaim bahwa ada artikel yang mengatasnamakan Dekan FMIPA IPB, Dr. Sri Nurdiati adalah klaim yang salah. Bukan dari Dr. Ir. Sri Nurdiati. Dilansir dari situs resmi IPB, pada 20 April 2020 Sri Nurdiati membantah bahwa ia pernah menulis pesan berantai itu. Berdasarkan penelusuran Tirto, Dr. Sri Nurdiati memang benar merupakan Dekan FMIPA IPB. Namun, catatan dalam laman resmi IPB menyatakan bahwa beliau bukan dosen Biokimia, melainkan dosen di Departemen Matematika, tepatnya bagian Matematika Komputasi. Namun, dilansir dari situs resmi IPB, Sri Nurdiati membantah bahwa ia pernah menulis pesan berantai itu. “Bukan saya yang menulisnya. Akibatnya, saya harus mengklarifikasi pertanyaan yang datang bertubi-tubi ke saya, bahwa itu bukan tulisan saya,” kata Sri pada 20 April 2020. Meskipun begitu, Sri menyatakan bahwa pesan berantai itu berisi informasi yang positif, tentang bagaimana memperkuat antibodi di dalam tubuh manusia. “Namun sayang, artikel itu mencantumkan nama saya, lengkap dengan jabatan dan institusi saya,” ujarnya. Dalam pernyataan itu, Sri juga menambahkan tips tentang bagaimana menjaga hidup agar tetap sehar di tengah pandemi Covid-19.

https://tirto.id/hoaks-fakta-terkait-antibodi-di-kala-pandemi-covid-19-ePW9 https://cekfakta.tempo.co/fakta/802/fakta-atau-hoaks-benarkah-pesan-berantai-soal-virus-hanya-bisa-dikalahkan-antibodi-ini-berasal-dari-dekan-ipb http://ppid.ipb.ac.id/informasi-penting-dekan-fmipa-ipb-yang-viral-itu-bukan-tulisan-saya/ http://fmipa.ipb.ac.id/fakultas/organisasi/pimpinan/ http://math.ipb.ac.id/index.php?Itemid=216&option=com_mathipb&act=Dosen&task=view&NIP=131578805&Inisial=SNI

Publish date : 2020-05-30