[SALAH] Kopi Hitam Obat Step atau Kejang

“Obat step atau kejang Kopi hitam”

Sebuah akun Facebook mengunggah foto kopi hitam dengan memberikan klaim bahwa kopi hitam adalah obat step dan kejang. Setelah ditelusuri turnbackhoax.id pernah membahas klaim senada yang berjudul “[SALAH] Bayi Diberi Minum Kopi Untuk Cegah Kejang” pada 17 September 2019. Artikel tersebut menjelaskan bahwa Praktisi Kesehatan Anak, dr Wiyarni Pambudi, SpA, mengatakan informasi itu tidak benar (hoax). Pemberian kopi pada bayi dapat menyebabkan jantung bayi berdebar cepat yang disebut dengan Takikardia. dr Reisa Broto Asmoro melalui akun twitter pribadinya menjelaskan bahwa memberi kopi saat anak kejang sama sekali tidak membantu. Malahan, memberi kopi pada anak bisa mengacaukan metabolisme tubuh yang masih belum sempurna. dr Reisa juga memberikan saran untuk penanganan yang harus dilakukan saat anak kita kejang, antara lain hindari memasukkan apapun ke dalam mulut anak, hindari menahan kaki atau tangan anak dengan paksa saat kejang karena dapat menimbulkan patah tulang, longgarkan pakaian anak jika terlalu ketat, terutama di bagian leher, dan amati berapa lama kejang terjadi dan apa yg terjadi saat kejang sbg data dokter untuk pemeriksaan. Berdasarkan penjelasan di atas klaim kopi hitam dapat menjadi obat step atau kejang adalah keliru dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada) Salah, dr Reisa Broto Asmoro menjelaskan bahwa memberi kopi saat anak kejang sama sekali tidak membantu. Malahan, memberi kopi pada anak bisa mengacaukan metabolisme tubuh yang masih belum sempurna.

https://turnbackhoax.id/2019/09/17/salah-bayi-diberi-minum-kopi-untuk-cegah-kejang/ https://twitter.com/Reisa_BA/status/1481526594103812100

Publish date : 2023-01-25