[SALAH] “ALLHAMDULILLAH !! AKHIRNYA AYAH BRIGADIR J, BEBASKAN BHARADA E”

ALHAMDULILLAH !! AKH1RNYA AYAH BRIG4DIR J, BEB4SKAN BAR4DA E, HARI INI S4MBO K4GET MEL1HAT INI–

Beredar sebuah video di Facebook dengan nama akun “kurma” yang mana judul dan thumbnail video tersebut mengklaim bahwa ayah Brigadir J bebaskan Barada E. Namun, isi video tidak menunjukkan seperti klaim tersebut. Setelah ditelusuri. Melalui Kompas.com, klaim tersebut salah. Faktanya, tidak ada bukti serta pemberitaan yang valid yang membenarkan klaim yang ditunjukkan dalam judul dan thumbnail video tersebut, video tidak ada keterkaitan antara narasi dengan pembebasan Bharada E. Video identik pada sumber tersebut sama dengan video di channel milik “Tribun Jateng” dengan judul tanggapan ayah Brigadir Yosua soal tuntutan 12 tahun penjara Bharada E. Dengan demikian, klaim bahwa ayah Brigadir J bebaskan Barada E merupakan hoax dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

Hasil periksa fakta Yudho Ardi Informasi yang menyesatkan. Faktanya, setelah melakukan penelusuran thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan dari video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/21/102000682/-hoaks-ayah-brigadir-j-bebaskan-bharada-e-dari-penjara https://youtu.be/vLrSrc2_JwA

Publish date : 2023-01-22