[SALAH] Jhonny G Plate Pamit Mundur sebagai Menkominfo

“Jhonny G Plate Mundur Dari Kursi Menkominfo, Pamitan Langsung Dilakukan Didepan Istana!!!”

Beredar sebuah video di Facebook dengan gambar tumbnails “BREAKING NEWS JHONNY PLATE PAMIT MUNDUR SATU PERSATU MENTERI NASDEM MULAI MENARIK DIRI”. Setelah video berdurasi 7 menit 26 detik tersebut diputar sampai selesai tidak terdapat informasi yang mengabarkan bahwa Johnny telah mengundurkan diri. Video tersebut menjelaskan bantahan dari Nasdem tentang rumor bahwa Jhonny G Plate akan di-reshuffle. 2 menit 41 detik pertama berisikan cuplikan, kemudian video menjelaskan bahwa DPP Partai Nasdem membantah adanya isu Jhonny akan mundur dari jabatannya. Isu Plate mengundurkan diri juga belum bisa dibuktikan karena pada laman Presidenri.go.id, Plate masih tercacat sebagai Menkominfo di Kabinet Indonesia Maju. Dikutip dari Kompas.com, pada 5 Januari 2023, Plate membantah dirinya mundur sebagai Menkominfo. Ia juga memberikan pesan agar informasi yang beredar harus selalu bisa dipertanggung jawabkan. Perihal reshuffle atau perombakan kabinet pemerintahan Plate menyebut bahwa itu merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Berdasarkan penjelasan di atas, klaim Jhonny G Plate Pamit Mundur dari jabatan Menkominfo adalah salah dan termasuk dalam kategori konteks yang salah.

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada) Salah, pada 5 Januari 2023, Plate membantah dirinya mundur sebagai Menkominfo.

https://www.presidenri.go.id/kabinet-indonesia-maju/ https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/16/085500682/-hoaks-menkominfo-johnny-g-plate-mengundurkan-diri?page=2

Publish date : 2023-01-17