[SALAH] Video Selebrasi Kroasia Setelah Menang dari Brazil di Piala Dunia 2022

(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia): “Ini adalah perayaan di Kroasia setelah menang atas Brasil di #FIFAWorldCupQatar2022 @FIFAWorldCup”.

Akun Twitter @AdvHameedAwan (Hameed Asghar Awan Adv) mengunggah video yang diklaim sebagai video perayaan warga Kroasia setelah menang 4-2 dari Brasil di Piala Dunia 2022. Video yang diunggah pada 12 Desember tersebut telah disukai oleh 17 orang, serta telah dibagikan dan dikutip ulang sebanyak 5 kali. Setelah dilakukan penelusuran dengan Yandex video search, video tersebut telah banyak diunggah sejak 2018, salah satunya di platform sosial media Imgur. Pengguna Imgur dengan nama @Yoda1PositivityStar mengunggah video serupa dengan judul “Croatia is ready to go”, yang kemudian menulis keterangan tambahan bahwa video tersebut diambil di Spanyol, bukan Kroasia, yang berbunyi sebagai berikut: “Edit: as pointed out by other imgurians, this is not Croatia but Spain. Sorry about the incorrect info”. Selain itu, dilansir dari laman resmi India Today, video tersebut diambil saat Festival San Fermin di Spanyol pada Juli 2018. Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @AdvHameedAwan (Hameed Asghar Awan Adv) merupakan konteks yang salah.

Konteks yang salah. Video tersebut diambil saat Festival San Fermin di Pamplona, Spanyol, pada 2018, bukan selebrasi Kroasia setelah menang dari Brazil di ajang piala dunia 2022.

https://imgur.com/gallery/cgNaK44 https://www.indiatoday.in//fact-check/story/fact-check-this-old-video-from-spain-does-not-show-fans-celebrating-croatia-win-against-brazil-2309222-2022-12-14?onetap=true

Publish date : 2023-01-04