[SALAH] Parasit Hydra dalam vaksin Covid 19

“Parasit Hydra dalam vaksin. Hydra dalam vax💉 akan tumbuh didalam aliran Darah pada mereka yang menerima tembakkan Facseen💉C-19 dan akan menyumbat sirkulasi darah penerimanya Freedom 👉💉☣🧬”

Beredar sebuah cuitan dari @Semestabersabd2 yang mengklaim bahwa vaksin Covid 19 mengandung parasit hydra yang menyebabkan penyumbatan sirkulasi darah penerima vaksin. Setelah ditelusuri, Turnbackhoax.id pernah mengeluarkan artikel klarifikasi dengan klaim senada pada 30 November 2021 dengan judul “[SALAH] Terdapat Parasit yang Mematikan di Dalam Vaksin Covid-19”. Artikel tersebut menjelaskan bahwa menurut Professor Kim Shin-woo, epidemiolog dari Kyungpook National University menjelaskan bahwa vaksin Covid-19 justru tidak mengandung parasit apa pun karena ada sistem ketat yang diterapkan selama proses pembuatan untuk mencegah kontaminasi. Mengutip Reuters, sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan John Hopkins Amesh Adalja mengatakan, sebuah vaksin tidak mungkin mengandung parasit hidup. “Hydra vulgaris adalah hewan air tawar yang berkerabat dengan ubur-ubur. Hewan ini bukan monster yang mengendalikan otak. Ini hanya omong kosong dan bahkan tidak layak untuk dipertimbangkan,” jelas Amesh. Amesh juga mengatakan, klaim tersebut sewenang-wenang dan mengabaikan langkah sterilitas yang ada. Kepada AFP pada 19 Oktober 2021, Profesor Kim Shin-woo, ahli epidemiologi di Universitas Nasional Kyungpook menyampaikan bahwa vaksin Covid-19 tidak boleh mengandung parasit apa pun, karena parasit tidak dimasukkan sebagai bahan, dan ada sistem ketat yang diterapkan selama proses pembuatan untuk mencegah kontaminasi. Berdasarkan penjelasan di atas, klaim tentang vaksin Covid 19 mengandung parasit hydra adalah keliru dan termasuk dalam konten palsu.

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada) Informasi salah, sejumlah dokter dan profesor menjelaskan bahwa semua vaksin diproduksi di lingkungan yang steril, tidak tercemar patogen atau virus lain, apalagi parasit.

https://turnbackhoax.id/2021/11/30/salah-terdapat-parasit-yang-mematikan-di-dalam-vaksin-covid-19/ https://www.reuters.com/article/factcheck-coronavirus-vaccines/fact-check-covid-19-vaccines-do-not-contain-live-immortal-creatures-experts-say-idUSL1N2RM2F3 https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9Q44BC-1

Publish date : 2022-12-08