Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video ini Bendera Tauhid Berkibar di Arena Utama Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim bendera tauhid berkibar di arena utama Piala Dunia Qatar 2022 beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 22 November 2022. Video berdurasi 1 menit itu memperlihatkan seorang pria terbang menggunakan drone di dalam stadion sepak bola. Pria tersebut membawa bendera berwana hijau bertuliskan huruf arab. Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa bendera tauhid berkibar di arena utama Piala DUnia Qatar 2022. "BENDERA TAUHID BERKIBAR DI ARENA UTAMA PIALA DUNIA QATAR 2022 ✊ TAKBIR ‼️ ini baru kereenss 👌😎 Qatar, Saudi Arabia memang RADIKAL 👍😎😍," tulis salah satu akun Facebook. Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 382 kali ditonton dan mendapat 2 komentar dari warganet. Benarkah dalam video itu bendera tauhid berkibar di arena utama Piala Dunia Qatar 2022? Berikut penelusurannya.  

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim bendera tauhid berkibar di arena utama Piala Dunia Qatar 2022. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar tersebut ke situs Yandex. Hasilnya terdapat video identik yang diunggah akun Instagram @433 pada 4 Mei 2019 lalu. Akun Instagram @433 menuliskan bahwa video itu diambil di Riyadh, Arab Saudi.  Berikut gambar tangkapan layarnya: Liputan6.com juga menemukan video identik di situs berbagi video YouTube. Video itu berjudul "#King Cup Final #Saudi 2019" yang diunggah channel YouTube Saudi Times pada 6 Mei 2019 lalu. Berikut gambar tangkapan layarnya: Dilansir dari berbagai sumber, video seorang pria yang terbang menggunakan drone sambil membawa bendera negara Arab Saudi merupakan rangkaian dari pertandingan Final King Cup 2019. Laga yang digelar di Stadion Internasional King Fahd di Riyahd, Arab Saudi, mempertemukan klub sepak bola Al-Ittihad dan Al-Taawoun. Laga tersebut akhirnya dimenangkan oleh klub Al-Taawoun dengan skor 2-1.  

Video yang diklaim bendera tauhid berkibar di arena utama Piala Dunia Qatar 2022 ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan rangkaian dari pertandingan Final King Cup 2019 di Riyadh, Arab Saudi.

https://www.instagram.com/p/BxA-HmzBXdb/ https://www.youtube.com/watch?v=mBIMFrTGlGk&t=79s  

Publish date : 2022-12-07