[SALAH] Foto “Tak Berkutik !! Trisha Eungelica Anak Ferdy Sambo Ditangkap Usai Terbukti Lakukan Hal Ini dengan PC”

Akun Facebook Penjaga Hati (fb.com/106542652204845) pada 25 November 2022 mengunggah sebuah video yang menampilkan foto polisi yang mengawal seseorang yang mengenakan baju tahanan berwarna biru dengan narasi sebagai berikut: “Tak Berkutik !! Trisha Eungelica Anak Ferdy Sambo Ditangkap Usai Terbukti Lakukan Hal Ini dengan PC ??!”

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang menampilkan foto polisi yang mengawal seseorang yang mengenakan baju tahanan berwarna biru yang diklaim sebagai penangkapan anak Ferdy Sambo merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, foto itu bukan foto penangkapan anak Ferdy Sambo. Foto itu merupakan foto saat polisi menunjukkan NA (25) warga Majalengka terduga pelaku pengiriman sate beracun saat rilis kasus di Polres Bantul, D.I Yogyakarta, Senin (3/5/2021). Foto yang asli salah satunya dimuat di artikel berita berjudul “Polisi Tangkap Wanita Pelaku Pengirim Sate Beracun” yang terbit di situs Republika pada 3 Mei 2021. Foto ini diberi keterangan sebagai berikut: “Polisi menunjukkan NA (25) warga Majalengka terduga pelaku pengiriman sate beracun yang menewaskan Naba Faiz Prasetya (10) saat rilis kasus di Polres Bantul, D.I Yogyakarta, Senin (3/5/2021). Naba meninggal dunia akibat keracunan setelah menyantap sate yang dibawa ayahnya Bandiman, seorang pengemudi ojek daring, yang sebelumnya mendapatkan orderan untuk mengantarkan makanan sate tersebut.”

BUKAN foto penangkapan anak Ferdy Sambo. Foto itu merupakan foto saat polisi menunjukkan NA (25) warga Majalengka terduga pelaku pengiriman sate beracun saat rilis kasus di Polres Bantul, D.I Yogyakarta, Senin (3/5/2021).

https://republika.co.id/berita/qsix20396/polisi-tangkap-wanita-pelaku-pengirim-sate-beracun

Publish date : 2022-12-02