[SALAH] Seekor Naga Ditemukan di Mongolia

Akun Twitter @ronin19217435 menulis cuitan dan mengunggah cuplikan video yang menunjukkan seekor naga yang terlihat tergeletak di tanah. Pengguna Twitter tersebut juga menulis klaim bahwa video tersebut diambil di Mongolia, dan naga di video tersebut merupakan seekor naga sungguhan. Cuitan dan video yang diunggah pada 22 Oktober tersebut telah disukai oleh hampir 8,000 orang, serta telah dikutip dan dibagikan ulang hampir 2,500 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut salah. Video serupa telah banyak beredar di internet sejak 2018 lalu, salah satunya diunggah di YouTube oleh pengguna bernama “Familia este totul”. Video tersebut juga dilengkapi deskripsi lengkap yang menjelaskan bahwa naga tersebut dibuat oleh Juan Villa pada 1998. Juan Villa bekerja di Promotheus Sculpture, di mana perusahaan tersebut telah banyak membuat properti untuk kepentingan pameran di musium, pembuatan film dan teater. Lebih lanjut, informasi serupa juga pernah dibahas oleh AFP Fact Check dengan judul “This video shows a dragon model featured on a Spanish television show, not a real dragon”. Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @ronin19217435 meupakan konteks yang salah.

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra. Konteks yang salah. Seekor naga yang terlihat di video tersebut merupakan naga yang dibuat untuk proses sebuah film di Spanyol, bukan seekor naga asli yang ditemukan di Mongolia.

https://www.youtube.com/watch?v=1tnVJsVg1j4 https://factcheck.afp.com/video-shows-dragon-model-featured-spanish-television-show-not-real-dragon

Publish date : 2022-11-05