[SALAH] Majalah Italia pada 1962 Memprediksi Bagaimana Dunia Akan Terlihat pada 2022

Akun Twitter @historyinmemes (Historic Vids) menulis cuitan dan mengunggah gambar yang memperlihatkan orang-orang berkendara dan berjalan di dalam tabung. Gambar tersebut diklaim sebagai prediksi bagaimana dunia akan terlihat pada 2022, dan hal tersebut disangkut-pautkan dengan keadaan pandemi yang terjadi saat ini. Cuitan dan gambar yang diunggah pada 19 Oktober tersebut telah disukai sebanyak 214,000 kali, serta telah dibagikan dan dikutip ulang hampir 25,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Gambar tersebut dibuat oleh pelukis Italia, Walter Milano pada 1962, dan diterbitkan oleh salah satu majalah di Italia di tahun yang sama. Blog bernama Plurale mengunggah kembali artikel yang dimaksud. Pada artikel asli, foto tersebut menjelaskan prediksi Walter Milano mengenai kendaraan di masa depan. Artikel tersebut menjelaskan bahwa “la singoletta” bisa menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan. Selain itu, situs turnbackhoax.id juga telah membahas informasi serupa dengan judul “[SALAH] “majalah Italia tahun 1962 menggambarkan yang akan terjadi pada 2022” dan dikategorikan sebagai konteks yang salah. Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan @historyinmemes merupakan konten parodi.

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra. Informasi yang salah. Gambar tersebut memang dibuat oleh pelukis Italia, Walter Molino, pada 1962, namun bukan merupakan prediksi bagaimana dunia akan terlihat pada 2022. Judul asli dari artikel tersebut adalah “la singoletta”, atau prediksi Molino tentang kendaraan yang dikendarai oleh satu orang di masa depan.

https://www.plurale.net/la-singoletta-la-nonna-del-segwaydisegnata-nel-1962-da-walter-molino/ https://turnbackhoax.id/2020/05/19/salah-majalah-italia-tahun-1962-menggambarkan-yang-akan-terjadi-pada-2022/

Publish date : 2022-10-27