[SALAH] Video Banjir Bandang Pakistan 28 Agustus 2022

Akun Facebook dengan nama pengguna “Syaiful Amri” (https://www.facebook.com/syaiful.amri.3990) mengunggah sebuah video banjir yang melanda sebuah lahan parkir dan menghanyutkan kendaraan yang berada di lahan tersebut. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa kejadian dalam video tersebut merupakan banjir bandang yang melanda Pakistan pada 28 Agustus 2022.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video banjir bandang di Pakistan, melainkan merupakan video tsunami di Jepang pada tahun 2011 lalu. Dalam video, dapat terdengar beberapa orang tengah berbicara dengan menggunakan Bahasa Jepang. Lebih lanjut, video serupa juga telah diunggah oleh kanal YouTube “FNN311” dengan judul video “気仙沼市街地に押し寄せる津波” atau dapat diterjemahkan sebagai “Tsunami di Kota Kesennuma”. Kota Ratodero di Pakistan memang dilanda banjir bandang pada 29 Agustus waktu setempat, tetapi berdasarkan foto satelit serta video yang dikumpulkan oleh media Washington Post, bencana banjir yang terjadi tidak sama dengan kejadian dalam video yang disebarkan. Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Syaiful Amri” (https://www.facebook.com/syaiful.amri.3990) tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Content.

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A. Bukan video banjir bandang di Pakistan. Faktanya, video tersebut merupakan video tsunami di Jepang pada tahun 2011 lalu.

https://www.youtube.com/watch?v=egjEIFP7Y-Q https://www.washingtonpost.com/world/2022/08/31/pakistan-floods-photos-videos-maps/

Publish date : 2022-09-08